Thursday, June 10, 2010

Tema, Topik, Judul, Pesan Moral



1. Genre : Drama Family, Romance, Slice of Life

2. Tema : Ikatan Kasih Sayang Orang tua terhadap anak

3. Topik : “Penyesalan seorang anak terhadap orang tuanya”

4. Bahasa : Tiociu, Khek, Indonesia dan Mandarin

5. Judul :

- Arti judul yang pertama adalah merupakan huruf mandarin yang memiliki han yu pin yin "Hui", bila di tambah dengan huruf "rumah" (jia) yang dibaca hui jia artinya pulang, sesuai dengan film ini yang dimana orang tua mengharapkan kepulangan anak tercintanya.

- Arti judul yang kedua adalah kotak besar diibaratkan orang tua dan kotak kecil adalah anaknya. Jadi artinya orang tua akan selalu menjaga anaknya dengan baik.

6. Pesan Moral :

· Ada pepatah mengatakan bahwa seliar-liarnya Harimau dalam memangsa korbannya, dia tidak akan tega membunuh anaknya sendiri jadi, sejelek-jeleknya sifat orang tua, kita yakin Mereka tidak akan berbuat sesuatu yang buruk terhadap anaknya sendiri.

· Ada pepatah mengatakan, Surga ada di telapak kaki ibu dan ada juga cerita singkat tentang seorang yang ibu bisa tahu bahwa anaknya sedang dilanda masalah, padahal sang ibu dan sang anak terpisahkan lautan yang luas, jadi permintaan dan perkataan seorang ibu yang mencemaskan anaknya sebaiknya kita dengar, sebab kita yakin intuisi seorang ibu terhadap anaknya sangat kuat.

· Orang tua tidak boleh memaksakan kehendaknya dengan seenaknya terhadap sang anak, melainkan juga harus mendengar pendapat anaknya sendiri.

· Kita sebagai seorang manusia harus memiliki sikap pemaaf dan diharapkan tidak memendam kesalahan seseorang.

· Kita harus memiliki pemikiran yang tidak sempit akan suatu masalah melainkan harus berpikiran luas yang memiliki nilai tanggung jawab.

· Seorang anak harus menghormati orang tuanya

· Kita sebagai seorang yang berbudaya, sudah selayaknya kita harus menghargai budaya yang ada di lingkungan kita.

0 comments:

Post a Comment